Sunday, July 21, 2013

Rumah Tradisional Korea (Hanok)

1. Namsangol Hanok Village (남산골 한옥 마을)


Disebut juga "Sebuah Desa Rumah Tradisional di Lembah Namsan ", di Namsangol Hanok Village terdapat koleksi dari lima macam rumah tradisional Korea (Hanok) yang berasal dari Dinasti Joseon (1392-1910). Rumah-rumah tersebut didapatkan dan dipulihkan dari kota-kota di Korea selatan dan di relokasikan di bagian utara kaki gunung Namsan.  Interior dari masing-masing lima rumah mencerminkan pemilik dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari masyarakat dari kelas menengah ke kelas yangban (yang kebanyakan pejabat tinggi pemerintahan, bangsawan dan aristokrat).

Di Namsangol Hanok Village terdapat berbagai aktifitas seperti menulis hangeul (alfabet korea) di hanji (kertas tradisional korea), membuat hanbok dari kertas, dan lain-lainnya... Para travellers juga dapat mencoba permainan tradisional korea secara gratis.

Untuk masuk ke dalam Namsangol Hanok Village tidak perlu membayar, namun untuk mengikuti aktifitas yang ada traveller terkadang perlu membayar biaya aktivitas.

Namsangol Hanok Village tutup setiap hari Selasa.
April sampai Oktober buka jam 9.00. - 21.00
November sampai Maret buka jam 9.00 - 20.00

2. Bukcheon Hanok Village (복천 한옥 마을)


Sesuai dengan namanya, Bukcheon Hanok Village merupakan area yang menjadi tempat bagi ratusan rumah tradisional korea (hanok). 'Bukchon' secara harfiah berarti desa yang terletak di sebelah utara. Sekarang ini, hanok banyak yang beralih fungsi menjadi musium, pusat kebudayaan, penginapan, restoran, dan rumah teh. Tempat-tempat tersebut memberikan kesempatan untuk merasakan dan belajar budaya tradisional Korea.

Bukcheon hanok village merupakan tempat yang pas bagi mereka yang mau mencoba tinggal di rumah adat korea, karena banyaknya guesthouse disini. Selain itu, berbagai aktivitas juga ditawarkan untuk lebih mengenal Kebudayaan korea.

Tidak perlu membayar untuk masuk ke area ini, namun untuk memasuki musium atau mengikuti kegiatan terdapat tiket yang harus dibeli.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.